|
Selamat Datang, Register | Login
Home » Presensi Kota Malang » SBMPTAIN Diserbu!

SBMPTAIN Diserbu!

Jum`at, 5 Juli 2013 09:28:09  •  Oleh : redaksi  •    Dibaca : 915
SBMPTAIN Diserbu!

UIN MALIKI- Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) kian makin diminati masyarakat. Terbukti saat Seleksi Bersama Masuk PTAIN (SBMPTAIN) yang digelar Selasa (25/6) lalu. Seleksi yang digelar serempak se Indonesia tersebut meningkat 100 persen dari tahun lalu.
“Tahun lalu pendaftar hanya mencapai 54 ribu, namun tahun ini mencapai 108.716 peserta. Ini menunjukkan bahwa PTAIN kian mendapat kepercayaan dari masyarakat,” ucap Direktur Pendidikan Tinggi Agama Islam, Dede Rosyadi saat menggelar jumpa pers di UIN Maulana Malik Ibrahim (Maliki) Malang.
Kualitas layanan PTAIN serta lapangan kerja yang tersedia menurutnya membuat masyarakat kian bersemangat masuk ke PTAIN. Apalagi biaya PTAIN juga makin terjangkau. Hal ini karena ada banyak beasiswa yang disediakan oleh pemerintah, diantaranya beasiswa Bidikmisi, beasiswa prestasi dan lainnya.
Sedangkan jurusan yang paling diminati masih di jurusan Pendidikan Agama Islam. Namun ada tren peningkatan peminat di prodi agama meski tidak signifikan. “Justru di prodi agama ini terlahir orang-orang besar seperti gubernur. Kalau ingin menjadi orang besar masuklah di prodi ini,” tambah Dede berpromosi.
Sementara itu Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim, Mudjia Rahardjo mengatakan membludaknya peminat PTAIN pada tahun ini salah satunya juga karena guyubnya PTAIN di Indonesia yang sering melakukan koordinasi agar layanan kepada calon mahasiswa baru bisa maksimal.
Sekretaris SBMPTAIN, Helmi Syaifudin menuturkan seleksi ini dilakukan serempak di 53 lokasi. Materi ujian meliputi tes potensi akademik, tes bidang studi dasar, tes wawasan keislaman, tes bidang studi IPA dan tes bidang studi IPS. Pengumuman hasil ujian akan disampaikan pada 20 Juli mendatang..nia-KP

Baca "Presensi Kota Malang" Lainnya

Komentar Anda