|
Selamat Datang, Register | Login
Home » Presensi Kota Malang » Kepala MAN Malang 1 Akhirnya Berganti

Kepala MAN Malang 1 Akhirnya Berganti

Selasa, 5 Februari 2013 11:54:35  •  Oleh : redaksi  •    Dibaca : 898
Kepala MAN Malang 1 Akhirnya Berganti

MAN MALANG 1- Setelah empat hari ini ketegangan cukup mewarnai MAN Malang 1 Tlogomas Kota Malang pasca demo yang dilakukan oleh sebagian siswa pada Kamis (31/1) lalu, akhirnya pembelajaran perlahan-lahan kembali kondusif. Hanya saja, sang kepala sekolah, Drs. H. Zaenal Mahmudi, M.Ag harus mengalah untuk mundur dari jabatannya.

Demo tersebut disuarakan pelajar yang dikoordinir oleh OSIS dan Majelis Perwakilan Kelas (MPK) MAN 1. Setidaknya ada 10 tuntutan yang disampaikan para siswa, diantaranya penolakan kenaikan SPP, transparansi anggaran sekolah, menghentikan nepotisme, serta mempertanyakan pembangunan masjid yang tak kunjung selesai.

“Demo ini dipicu oleh rencana kenaikan SPP yang dilakukan secara sepihak. Selama ini uang gedung yang ditarik tak kurang dari Rp 6 juta, uang SPP kelas reguler Rp 150 ribu per bulan akan dinaikkan menjadi Rp 200 ribu. Sedangkan SPP kelas RMBI Rp 400 ribu per bulan akan dinaikkan menjadi Rp 500 ribu,” ucap salah satu siswa kelas 10 Affanda.

Berkaitan dengan tuntutan siswa, Zaenal menilai tuntutan tersebut kurang beralasan, karena kenaikan SPP siswa merupakan kesepakatan dengan orang tua siswa. Meski demikian, pihaknya akan tetap melakukan transparansi anggaran secepat mungkin dengan menempelkan pemasukan dan pengeluaran di papan pengumuman.

Ia pun menyesalkan tindakan para siswa yang mudah terprovokasi, tanpa melihat kemajuan MAN Malang 1 selama kepemimpinannya, diantaranya penyelenggaraan program unggulan seperti kelas RMBI, program stara D1, kerja sama luar negeri, pembangunan ma’had dan sebagainya.

Sayang, belum sempat transparansi dana tersebut ia lakukan, Kantor Kemenag Kota Malang sudah terlebih dahulu melakukan pergantian kepala sekolah.  “Iya saya tadi malam dikabari bahwa besok (Selasa ,5/2, red.), ada serah terima jabatan kepala sekolah lama kepada kepala sekolah yang baru di Kantor Kemenag,” ucap Zaenal saat ditemui wartawan, Senin (4/2).

Ia mengaku sudah iklas dengan keputusan tersebut, meskipun sebenarnya ia menilai keputusan ini sangat tergesa-gesa. Menurutnya seharusnya ia diberi kesempatan dahulu untuk memenuhi tuntutan yang disampaikan siswa, salah satunya tentang transparansi anggaran.

Sementara itu, dihubungi lewat ponsel, Kepala Kantor Kemenag Kota Malang, Dr H Rohmad MS MM membenarkan tentang kemunduran Kepala MAN Malang 1. “Per 4 Februari kami nyatakan yang bersangkutan sudah tidak menjabat sebagai Kepala MAN Malang 1. Alasannya karena yang bersangkutan mengundurkan diri sebab merasa usia sudah terlalu sepuh dan jarak rumah yang terlalu jauh,” terang Rohmad.

Rohmad berharap dalam waktu kurang dari seminggu segera mendapatkan penggantinya dan akan segera diadakan serah terima jabatan, agar kekosongan tidak terlalu lama terjadi. Sedangkan Zaenal, akan dikembalikan pada tugas awalnya sebagai guru dan tidak mungkin menjadi pengawas karena usianya sudah lebih dari 55 tahun, yakni sudah 57 tahun..nia-KP

 

Baca "Presensi Kota Malang" Lainnya

Komentar Anda